Logo BAWASLU KALTIM

BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM
KALIMANTAN TIMUR

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Kita Tegakkan Keadilan Pemilu

Sekilas Info

Ada Indikasi Pelanggaran, Bawaslu Cari Absen Debat Pilgub Kaltim


TRIBUNKALTIM. CO, SAMARINDA – Indikasi adanya pelanggaran yang dilakukan kalangan DPRD Kaltim di Debat perdana Pilkada Kaltim Rabu (25/4/2018) lalu, sampai saat ini masih terus diperjelas oleh Bawaslu Kaltim.

Komisioner Bawaslu Kaltim, Hari Darmanto ikut menjelaskan sehubungan dengan hadirnya beberapa anggota DPRD Kaltim di debat perdana tersebut.

“Iya, kami sedang list, mengenai izin cuti masing-masing (anggota DPRD),” ucapnya, Jumat (27/4)/2018).

Disebutkannya, ada dua pembagian mengenai mana anggota DPRD yang bisa hadiri debat, dan mana yang tidak diperbolehkan sesuai aturan.

Yang diperbolehkan, disebut Hari, adalah mereka yang memang sudah ajukan cuti kampanye. Sementara, yang tidak boleh hadir, adalah mereka (anggota DPRD Kaltim), yang sedang lakukan dinas ke Jakarta, tetapi tetap ikut masuk dalam area debat.

“Yang saat itu sedang dinas di Jakarta, memang kami larang untuk masuk ke area debat,” ucapnya.

Untuk mengetahui hal itu, Hari juga telah meminta bukti berupa absen kehadiran dalam debat perdana yang dilakukan di Stadion Metro TV tersebut. Tujuannya, untuk mencocokkan daftar hadir dengan izin cuti yang ada di DPRD Kaltim.

Dijelaskanny lebih lanjut, tak bolehnya anggota dewan hadir dalam debat perdana tersebut, sudah berdasarkan aturan yang ada, dan harus diketahui oleh tiap anggota dewan.

“Aturannya, setiap pejabat daerah yang laksanakan kegiatan kampanye wajib cuti. Ini untuk hindari penggunaan biaya negara bagi kegiatan yang bersifat politik. Nah, pada saat yang bersangkutan (anggota dewan), sedang dinas di Jakarta, kan itu sudah menggunakan anggaran negara,” katanya.


Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Ada Indikasi Pelanggaran, Bawaslu Cari Absen Debat Pilgub Kaltim, http://kaltim.tribunnews.com/2018/04/27/ada-indikasi-pelanggaran-bawaslu-cari-absen-debat-pilgub-kaltim.
Penulis: Anjas Pratama
Editor: Januar Alamijaya