Logo BAWASLU KALTIM

BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM
KALIMANTAN TIMUR

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Kita Tegakkan Keadilan Pemilu

Sekilas Info

Bawaslu Kaltim Akan Tinjau Pabrik Percetakan Surat Suara


Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kaltim Galeh Akbar Tanjung, S.Sos menyampaikan arahan dalam Rapat Kerja Pengawasan di Bawaslu Samarinda beberapa waktu Lalu. 

SAMARINDA – Salah satu bagian terpenting dalam tahapan pemilu adalah surat suara. Karenanya Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kalimantan Timur akan melakukan peninjauan dan mengecekan langsung ke pabrik percetakan yang mencetak surat suara bagi Provinsi Kaltim yaitu PT Temprina Media Grafika. “Khusus keamanan, kami akan mengecek langsung SOP (standart operasional prosedur) keamanan pabrik tersebut,” kata Anggota Bawaslu Kaltim Galeh Akbar Tanjung saat dikonfirmasi, Jumat (8/2) di Samarinda.

Tak hanya proses cetak yang memerlukan keamanan ekstra ketat, lanjut Galeh, tapi juga proses packing dan distribusi surat suara dari pabrik hingga ke Kaltim, pengawalan dan pengamanan harus dapat dijelaskan siapa yang bertanggung jawab. Total surat suara untuk DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota mencapai 12.701.824 surat suara untuk seluruh Kaltim. 

“Selambat-lambatnya surat suara sudah sampai di tujuan (Kaltim) 20 Februari 2019. Bawaslu Kaltim akan berkoordinasi dengan KPU Kaltim mengenai pendistribusian surat suara ini, baik itu keamanan dan pengawalan sura suara,” tandas Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kaltim itu.

Diketahui, terdapat dua perusahaan pemenang tender cetak suara yaitu PT Temprina Media Grafika memenangkan tender mencetak 255.019.544 lembar surat suara, dan PT Puri Panca Pujibangun yang mencetak 107.714.950 lembar.

 

Penulis : Abdal Muizzi

Foto : Muhaimin