Logo BAWASLU KALTIM

BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM
KALIMANTAN TIMUR

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Kita Tegakkan Keadilan Pemilu

Sekilas Info

Bawaslu Kaltim Bakal Telusuri Ijazah Persamaan dan Paket C


TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kaltim bakal menelusuri dokumen Ijazah persamaan dan Paket c yang diduga bermasalah milik bakal calon legislatif.

Dari lima surat tanggapan masyarakat yang dikirim ke KPU Kaltim, tiga diantaranya bermasalah terkait legalitas ijazahnya

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kaltim, juga sudah menerima pengaduan dari masyarakat atau lembaga terkait daftar DCS yang diduga bermasalah dengan ijazahnya. 

Ketua Divisi Hukum Bawaslu Kaltim, Hari Dermanto membenarkan, sudah menerima laporan terkait ijazah milik bakal caleg yang diduga ada kejanggalan soal keabsahannya

"Kita sedang mempelajari surat yang dikirim ke Bawaslu. Itu jadi masukan buat Bawaslu," kata Hari Dermanto, yang dikenal laywer LBH Balikpapan, kepada Tribun, Sabtu (25/8/2018).

Menurut dia, Bawaslu Kaltim sedang menyiapkan agenda untuk mendalami laporan terkait legalitas ijazah.

Pasalnya, kata dia, lebih dari satu bakal caleg yang mendapat tanggapan masyarakat, karena legalitas ijazahnya.

"Yang jelas kami lagi menyiapkan agenda menelusuri ijazah persamaan dan Paket C," tegas Hari

Jika dokumen persyaratan pencalonan itu terindikasi tidak sah atau diduga palsu maka berpotensi dicoret dari daftar caleg.

Bahkan yang bersangkutan dapat dijerat pidana karena menggunakan dokumen palsu untuk pencalegan

Terpisah, Sekretari DPD Partai Golkar Provinsi Kaltim, Abdul Kadir mengaku sudah menerima surat dari KPU Kaltim untuk meminta klarifikasi kepada dua anggotanya yang masuk dalam DCS

Hanya saja, kata Kadir, ia belum menerima surat klarifikasi dari dua kadernya.

"Sudah (terima surat dari KPU). Kalau untuk disampaikan hasik klarifikasinya itu nanti yang urus LO (laisson officer). Sama aku belum ada masuk (surat klarifikasi dan dokumen dari Alung)," tambah Kadir.(*)


Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Bawaslu Kaltim Bakal Telusuri Ijazah Persamaan dan Paket C, http://kaltim.tribunnews.com/2018/08/25/bawaslu-kaltim-bakal-telusuri-ijazah-persamaan-dan-paket-c?page=2.
Penulis: Budhi Hartono
Editor: Trinilo Umardini