Logo BAWASLU KALTIM

BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM
KALIMANTAN TIMUR

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Kita Tegakkan Keadilan Pemilu

Sekilas Info

Bawaslu Kaltim dan Sentra Gakkumdu Evaluasi Temuan Pelanggaran Pilkada


 


TRIBUNKALTIM.CO
 - Banyaknya temuan pelanggaran pilkada pemilihan gubernur Kaltim oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kaltim, namun dihentikan oleh tim sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu). 

Alasannya, setiap temuan pelanggaran kampanye yang ditindaklanjuti Bawaslu Kaltim, selalu dianggap kurang bukti.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kaltim, M Saipul membenarkan, dengan dihentikannya beberapa temuan dugaan pelanggaran kampanye, perlu ada koordinasi dengan ‎unsur Sentra Gakkumdu

Rakor Bawaslu Kaltim dengan unsur Gakkumdu diantaranya dari perwakilan Kejaksaan, Kepolisian dan Bawaslu, membahas‎ proses penanganan pelanggaran kampanye yang dapat dikenakan sanksi pidana.

"Kita mengevaluasi beberapa penanganan pelanggaran dari temuan pengawas pemilu. Diduga pelanggaran itu berpotensi pidana pilkada. Namun (dalam beberapa pelanggaran) terhenti di pembahasan sentra Gakkumdu‎," kata Ketua Bawaslu Kaltim, Saipul kepada Tribun, di kantornya Jalan MT Hariyono, Samarinda, Selasa (24/4/2018).

Disinggung soal alasannya, Saipul mengatakan dengan tegas, Gakkumdu tidak dapat memproses pelanggaran-pelanggaran yang diajukan Bawaslu, karena tidak cukup bukti. "‎Karena kurang bukti," tambah Saipul.

Ia berharap, hasil rapat evaluasi Bawaslu dengan unsur Gakkumdu, agar proses penanganan pelanggaran berikutnya dapat dikenakan sanksi bagi yang terbukti melanggar ketentuan Pilkada‎.

"Harapannya rapat koordinasi ini, ‎bisa menindaklanjuti temuan-temuan pelanggaran kampanye pilkada. Dan dapat bisa bersinergi dalam mengambil keputusan dan memproses temuan pelanggaran," tambah Saipul, yang dikenal Dosen Ilmu Politik dan Ilmu Sosial Universitas Mulawarman, Samarinda.


Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul ‎Bawaslu Kaltim dan Sentra Gakkumdu Evaluasi Temuan Pelanggaran Pilkada, http://kaltim.tribunnews.com/2018/04/24/bawaslu-kaltim-dan-sentra-gakkumdu-evaluasi-temuan-pelanggaran-pilkada.
Penulis: Budhi Hartono
Editor: Januar Alamijaya