Logo BAWASLU KALTIM

BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM
KALIMANTAN TIMUR

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Kita Tegakkan Keadilan Pemilu

Sekilas Info
  • Pengumuman perbaikan dokumen syarat pasangan calon di website KPU: 20-26 Januari 2018
  • Penetapan pasangan calon: 12 Februari 2018
  • Pengundian nomor urut: 13 Februari 2018

Bawaslu Kaltim: Gubernur Belum Keluarkan Surat Peringatan untuk Lima Pejabat


TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltim, melaporkan hasil pengawasan terkait rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang dilaporkan LAKI Kaltim diduga melakukan politik praktis.

Laporan Bawaslu Kaltim menyatakan, bahwa Gubernur Kaltim belum mengeluarkan teguran yang diberi batas waktu selama 30 hari setelah surat dari KASN diterima.  "Kemarin staf saya untuk mengecek langsung ke Pemprov Kaltim untuk menanyakan apakah gubernur sudah mengeluarkan surat peringatan ke lima pejabat Pemprov?

Staf saya tanya ke Biro Umum," kata anggota Bawaslu Kaltim, Galeh Akbar Tanjung, kepada Tribun, Jumat (8/12/2017).  

Menurut dia, hasil koordinasi itu untuk membuat laporan Bawaslu Kaltim.

"Kita akan laporkan apa adanya kemarin. Staf saya, tidak melihat surat itu.

Cuma katanya, surat itu sudah ada hanya saja belum diberi nomor registrasi. Katanya begitu," tutur Galeh, yang ditunjuk Ketua Bidang Pengawasan Pilgub Kaltim. 

Bawaslu Kaltim, lanjut dia, akan membuat laporan sesuai fakta.

"Bahwa hari ini belum ada surat peringatan dari Gubernur untuk lima pejabat, ya saya sampaikan ke Bawaslu. Itukan sudah lebih dari 30 hari sejak surat itu diterima," tambahnya.  

Untuk diketahui, berdasarkan surat Bawaslu RI nomor : 1221/K.BAWASLU/PM.00.00/XI/2017 perihal surat KASN Nomor : B-2778/KASN/10/2017, perihal rekomendasi atas pengaduan tanggal 10 November 2017 ditandatangani Ketua Bawaslu RI Abhan.  

Lima pejabat tersebut yakni, Sekprov Kaltim, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Pertambangan dan Kepala Dinas Pedesaan Tertinggal.  

"Dalam surat itu, Bawaslu RI memerintahkan agar Bawaslu Kaltim melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan rekomendasi yang diberikan oleh KASN kepada Gubernur Kaltim.

Dan menyampaikan hasil pengawasan pelaksanaan kepada Bawaslu RI," tutur Gales yang menjabat Ketua Bidang Pengawasan dan Sosialisasi, ditemui Tribun, di kantornya di Jalan MT Hariyono, Samarinda, Kamis (7/12/2017) kemarin. 

Berdasarkan surat itu, lanjut Galeh, ia melaksanakan tugasnya untuk mengawasi tindaklanjut rekomendasi pengaduan KASN‎ itu ke Gubernur Kaltim.  

"Apakah rekomendasi KASN sudah ditindaklanjuti gubernur apa belum? ‎Gubernur direkomendasikan untuk memberikan peringatan kepada yang dilaporkan.

Itu dibatasi sampai 30 hari. Informasinya, surat dari KASN itu diterima Pemprov tanggal 8 November lalu. Berarti hari ini sudah 30 hari batas waktu untuk memberikan peringatan ke Sekprov dan 4 kepala dinas," bebernya.  (sumber ; tribun kaltim)

http://kaltim.tribunnews.com/2017/12/09/bawaslu-kaltim-gubernur-belum-keluarkan-surat-peringatan-untuk-lima-pejabat?page=all