Logo BAWASLU KALTIM

BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM
KALIMANTAN TIMUR

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Kita Tegakkan Keadilan Pemilu

Sekilas Info

DPTb Kaltim Baru Tercatat 3500an Pemilih, Perlu Tambahan Waktu?


 Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kaltim Muhammad Ramli, M.Si 

BALIKPAPAN – Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang tercatat di Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Kalimantan Timur per-8 Februari 2019 mencapai 3.500an pemilih, sementara batas akhir waktu yang telah ditetapkan KPU adalah 17 Februari 2019. “Kalau kita melihat jumlah DPTb yang tercatat di Kaltim baru 3500an pemilih sementara realitas yang ada tidak berbanding lurus. Artinya, masih banyak pemilih yang harusnya pindah memilih belum mendaftarkan diri di PPS (Panitia Pemungutan Suara/kelurahan). Nah, waktu yang ditetapkan KPU juga semakin sempit, yaitu sampai 17 Februari (2019) ini. Kalau jadwal itu kaku dipastikan potensi banyak pemilih yang tidak bisa memilih,” ujar Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltim Muhammad Ramli, Minggu (10/2) di Balikpapan.

DPTb adalah, Ramli menjelaskan, pemilih yang telah tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) tapi pindah memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berbeda dari yang tercatat. “Alasannya macam-macam. Karena bekerja di tempat lain, dirawat di rumah sakit atau yang merawat si sakit, menjalani masa tahanan, belajar di luar daearh, pindah domisili atau korban bencana. Mareka ini yang dapat masuk dalam DPTb. Di Kaltim ini banyak perusahaan tambang, kebun sawit dan banyak mahasiswa. Itu semua bisa masuk DPTb,” kata Koordinator Divisi Hukum dan Data dan Informasi Bawaslu Kaltim itu.

Bawaslu Kaltim terus memantau pergerakan pemilih yang mendaftarkan diri pindah memilih di KPU se-Kaltim. Jika jumlahnya tidak signifikan dari fakta di lapangan dan batas waktu telah berakhir, maka Bawaslu Kaltim akan mempelajari dan merekomendasikan perlunya tambahan waktu pendaftaran DPTb. “Inilah upaya Bawaslu (Kaltim) melindungi hak pilih,” tegas Ramli.

Penulis : Abdal Muizzi

Foto : Andi Mappasiling