Logo BAWASLU KALTIM

BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM
KALIMANTAN TIMUR

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Kita Tegakkan Keadilan Pemilu

Sekilas Info

Empat Paslon Adu Program di Debat Pilkada Kaltim, Ini Pesan Bawaslu


TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kaltim mengingatkan kepada pasangan calon (Paslon) untuk tidak melakukan pelecehan, penghinaan, maupun merendahkan kandidat lain dalam agenda debat Pilkada Gubernur Kaltim 2018.

Ketua Bawaslu Provinsi Kaltim Muhammad Saipul mengatakan, sebaiknya debat publik lebih mempertajam program visi dan misinya masing-masing paslon.

"Yang perlu diingatkan saat debat, paslon tidak boleh 'menyerang' kandidat lain. Misalnya, melecehkan, menghina, atau merendahkan paslon lain. Itu bisa jadi temuan Bawaslu dalam forum debat," tutur Saipul kepada Tribun via ponsel, Rabu (25/4).

Jika saat debat publik berlangsung, pada sesi tanya-jawab maka masing-masing paslon sebaiknya menghindari pertanyaan dan jawaban yang menyudutkan paslon lain. "Kalau ada ucapan yang bermuatan merendahkan, menghina, dan melecehkan, itu sudah pasti jadi temuan pelanggaran," pesan Saipul.

Disinggung imbauan paslon agar lebih menonjolkan program atau visi dan misinya, Saipul mengaku, tidak ikut briefing bersama KPU, tim Laisson Officer (LO) dan pihak manajemen stasiun televisi.

"Bawaslu diundang untuk ikut briefing. Undangannya saya terima kemarin pagi," kata Saipul. Sementara, briefing dengan tim paslon sudah digelar kemarin sore.

Terpisah, anggota Bawaslu Kaltim Galeh Akbar Tanjung membenarkan, agar seluruh paslon tidak menyudutkan program paslon lain. Bawaslu Kaltim berharap, debat publik berjalan aman dan tidak menyisakan pelanggaran dari paslon.

"Selama ini belum ada dugaan pelanggaran paslon saat menyampaikan paparan atau debat publik. Kita ingatkn dan kita harapkan, paslon fokus visi dan misi," tambah Galeh.

Sementara, anggota KPU Provinsi Kaltim Rudiansyah menanggapi bahwa hasil briefing dan dengan tim pemenangan dan manajemen telivisi yang menyiarkan debar publik Pilkada Kaltim sudah mengingatkan kepada tim paslon agar tidak menjatuhkan atau merendahkan paslon lainnya.

"Karena ini debat publik, maka seharusnya menjadi kesempatan paslon untuk menarik simpati atau memperlihatkan program-program yang berpihak untuk kepentingan rakyat," tambah Rudi.


Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Empat Paslon Adu Program di Debat Pilkada Kaltim, Ini Pesan Bawaslu, http://kaltim.tribunnews.com/2018/04/26/empat-paslon-adu-program-di-debat-pilkada-kaltim-ini-pesan-bawaslu.
Penulis: Budhi Hartono
Editor: Sumarsono