SAMARINDA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Apel Siaga Patroli Pengawasan masa tenang pemilihan umum bertempat di lapangan Kantor Bawaslu Provinsi Kaltim, Jalan MT Haryono, Samarinda, Sabtu (13/4/2019) Pagi.

Diikuti oleh seluruh Staff Bawaslu Kaltim, Anggota Bawaslu Kaltim, Anggota Bawaslu Kota Samarinda, staff Bawaslu Kota Samarinda, dan Brimob Polda Kaltim. Apel dipimpin oleh Anggota Bawaslu Kaltim, Galeh Akbar Tanjung yang membacakan Sambutan Ketua Bawaslu RI.

Disampaikan, Pemilihan Umum (Pemilu) kali ini merupakan pengalaman baru bagi Bawaslu, dimana Pemilihan Legislatif Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat daerah dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden berjalan bersamaan.

Apel Patroli Pengawasan Anti Politik Uang pada masa tenang disampaikan selain menjadi pengalaman baru Pemilu kali ini juga menjadi ujian buat Bawaslu terlebih saat menghadapi masa tenang.

“Sebelum memasuki hari pemungutan dan perhitungan suara di tanggal 17 April, kita terlebih dahulu dihadapkan dengan tugas mengawasi masa tenang yang di mulai dari tanggal 14 sampai dengan 16 April,” ucap Galeh Akbar Tanjung.

Maraknya praktik kecurangan di masa tenang, Bawaslu di harapkan siap siaga.

“Masa tenang cenderung di warnai dengan praktik-praktik kecurangan, politik uang, propaganda, isu SARA, penyebaran berita bohong untuk saling menjatuhkan antara sesama peserta, bahkan tak jarang terjadi berbenturan kekerasan antar massa pendukung peserta pemilu.”

Masa tenang merupakan Alarm Bagi Bawaslu Kaltim, atas kesiapan pengawas dalam melakukan pencegahan, dengan Melakukan Patroli Siaga.

Penulis : Ratna Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *