Berita

Menunjang Penanganan Pelanggaran Pada Pilkada Serentak 2020, Berikut 3 Pesan Ratna Dewi Pettalolo

Berita

BAWASLU KALTIM - Dalam Rangka mempersiapkan penanganan pelanggaran pemilihan pada Pilkada 2020. Bawaslu Republik Indonesia (RI) menggelar Rakernis Gelombang V secara daring, Selasa (15/09/20).

Diikuti oleh Bawaslu Provinsi Kaltim dan 9 Bawaslu Kabupaten Kota Se- Kaltim ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) demi menunjang penangan pelanggaran pemilihan.

Anggota bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo dalam sambutannya menyampaikan, Pertama, mengajak masyarakat untuk turut aktif melaporkan peristiwa pelanggaran pemilihan, mempersiapkan segala sarana pelaporan dan klarifikasi.

Kedua, dalam keadaan pandemi agar membiasakan diri perihal pemanfaatan teknologi dalam proses penanganan pelanggaran, selalu memperhatikan dan melaksanakan protocol kesehatan.

“ memberikan pelayanan public terbaik dalam proses penanganan pelanggaran, dan melaksanakan proses penanganan pelanggaran sesuai dengan aturan yang berlaku, ” kata Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran Bawaslu RI.

Ketiga, Mempersiapkan sistem kerja, terkait dengan pendataan hasil penanganan pelanggaran dan melakukan koordinasi dengan Lembaga terkait.

“ terkait pengawas pemilihan dalam penanganan pelanggaran yaitu menjaga integritas sebagai pengawas pemilihan, selalu bersikap professional dalam melaksanakan kewenangan penanganan pelanggaran pemilihan, selalu berupaya meningkatkan kualitas serta kemampuan diri sebelum menghadapi proses penanganan pelanggaran,” tegasnya.

Penulis : Agus Purnomo 
Editor : Ratna Dewi