Berita

Pastikan Peran Vital Pengawasan Terlaksana, Hari Dermanto Berikan Tantangan Kepada Panwas Kecamatan

Berita

Tahapan Pilkada serentak tahun 2020 saat ini memasuki tahapan kampanye, pada tanggal 26 September sampai dengan 5 Desember 2020 yang bisa saja menimbulkan gesekan antar peserta. Untuk memastikan penegakan hukum bisa terlaksana. Anggota Bawaslu Kaltim, Hari Dermanto memberikan tantangan tersendiri untuk Panwaslu Kecamatan Se- Kutim. Pada kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Kampanye bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten kutai timur yang gelar oleh Bawaslu Kutim. Bertempat di Hotel Royal Victoria Sangatta, Kabupaten Kutai Timur (29/09/20)

Untuk memastikan peran vital pengawas dalam penegakan hukum dapat terlaksana,“yakni mewujudkan adanya rasa keadilan, kepastian hukum dan kemanfaatan dalam masyarakat, untuk terwujudnya pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang demokratis”tegasnya.

Hari memberikan tantangan kepada peserta untuk menuliskan apa saja yang ditemukan di lokasi yang telah ditetapkan untuk dituangkan dalam " Namanya Form A" pengawasan, dengan membagi peserta menjadi 3 kelompok dengan lokasi pengawasan yang berbeda.

Hasil pengawasan kemudian di paparkan dihadapan seluruh kelompok untuk memperoleh masukan. Setelah itu seluruh peserta diberi tugas mandiri mengisi Form A pengawasan yang akan diberikan kepada panitia untuk mendapatkan penilaian.

“Form A merupakan instrumen penting dalam pengawasan, dokumentasi peristiwa dalam tahapan penyelenggaraan dapat ditelusuri jejaknya dengan membaca form A pengawasan, sehingga keterampilan membuat keterangan dalam form A menjadi penting” ujar Hari sebelum menutup materinya.

Penulis : Arofah

Editor : Ratna dewi