Berita

PKPU 5/2020 Ditetapkan, Bawaslu Perkuat Kesiapan Penegakkan Penanganan Pelanggaran Pemilu

Artikel

BAWASLU, KALTIM – Sehubungan telah ditetapkannya PKPU Nomor 5 Tahun 2020 Bawaslu Kalimantan Timur melalui Divisi Penanganan Pelanggaran melakukan Rapat Koordinasi via daring terkait dilanjutkannya tahapan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2020, Kamis (18/6/2020).

Dalam rapat ini Ebin Marwi selaku Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kaltim menghimbau Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kaltim agar segera melakukan koordinasi dengan Sentra Gakkumdu (penegakkan hukum terpadu) masing-masing untuk memetakan potensi pelanggaran tindak pidana pemilihan.

Lebih utama bagi daerah yang terdapat bakal calon perseorangan, mengingat dalam waktu dekat akan dilaksanakan verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan.

Himbauan Kordiv. Penanganan Pelanggaran tersebut dipandang perlu agar nantinya ketika ada pembahasan dugaan tindak pidana pemilihan di Gakkumdu tidak ada lagi perbedaan pandangan yang alot antara Bawaslu, Polisi, dan Jaksa.

Selain membahas kesiapan Gakkumdu, Rapat Koordinasi yang digelar sore ini juga untuk memastikan bahwa anggaran Sentra Gakkumdu Kabupaten/Kota masih cukup membiayai kegiatan sampai dengan selesainya tahapan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Tahun 2020.

Penulis : Dedi Setiawan

Editor : Ratna Dewi