Bawaslu Diminta Tak Kendor Tangani Kasus Dugaan Pelanggaran Pemilu



 

Jajaran Bawaslu Kabupaten Kota se-Kaltim diminta tidak kendor dalam menangani kasus dugaan pelanggaran Pemilu 2019.

Namun demikian, komisioner Bawaslu tetap harus berhati-hati dalam menindak. Harus ada dasarnya dan diputuskan bersama melalui Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Anggota Bawaslu juga diminta banyak membaca dan memahami regulasi Pemilu. Baik Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu, Perbawaslu, maupun PKPU.Selain itu anggota Bawaslu juga diminta banyak membaca putusan-putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atas dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu.

Hal ini di antaranya yang menjadi penekanan Koordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kaltim Ebin Marwi dan Koordiv Hukum Muhammad Ramli pada pembukaan Rapat Koordinasi Penanganan Pelanggaran Bagi Bawaslu Kabupaten Kota Pada Pemilu 2019 di Jatra Hotel & Resto Balikpapan, Jumat (8/3) malam ini.

Kegiatan yang berlangsung sampai Minggu (10/3) ini diikuti anggota dan staf Bawaslu Kabupaten Kota se-Kaltim. Hadir juga Kepala Sekretariat Bawaslu Kaltim Budiansyah dan Kasubag Hukum Bawaslu Kaltim Lely Febriyanti. Selama tiga hari peserta akan merumuskan penannganan pelanggaran yang sudah dan akan ditangani Bawaslu Kabupaten Kota se-Kaltim. (**)

Sumber 

sumber berita Bawaslu Bontang