Berita

Komisi II DPR RI Apresiasi Sukses Pilkada 2020 di Kalimantan Timur

Berita

Balikpapan, Anggota Komisi II DPR RI, Djarot Syaiful Hidayat mengapresiasi atas kesuksesan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 di Provinsi Kalimantan Timur, hal ini diutarakannya dalam kegiatan pertemuan kunjungan kerja Komisi II DPR RI di Aula Gedung Kantor Walikota Balikpapan, Senin 14 Desember 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kaltim, Saipul memaparkan hasil pengawasan yang dilakukan oleh jajaran pengawas selama tahapan pilkada tahun 2020 berlangsung. Diantaranya hasil pengawasan kegiatan kampanye, pelanggaran protocol covid 19,  dugaan pelanggaran penggunaan fasilitas negara hingga tindak pelanggaran politik uang. Saipul juga menyampaikan bahwa saat ini Bawaslu Kalimantan Timur telah menerima laporan dugaan pelanggaran TSM terkait politik uang yang terjadi di Kabupaten Berau. Hal ini pun mendapat apresiasi oleh jajaran komisi 2 DPR RI yang hadir atas tindak cepat Bawaslu dalam merespon dugaan pelanggaran yang terjadi.

Pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kaltim tidak hanya saat tahapan kampanye, pada pengawasan pungut hitung pun, Saipul menyampaikan ada lebih dari 30 TPS yang tidak memenuhi standart ukuran.

Dalam pertemuan kunjungan kerja ini turut hadir Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi dan jajaran Forkopimda Kota Balikpapan, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kaltim Yusuf Mustofa, Kepala Dinkes Hj Padilah Mante Runa, Kepala BKD Diddy Rusdiansyah, Kepala Dinas Pariwisata Sri Wahyuni, Ketua KPU Rudiansyah, Ketua KPU/Bawaslu Balikpapan, Kadinkes Balikpapan Hj Sri Suliastri, Kepala Kesbangpol Ketut Rasna, Kepala Puslitbabg KDOD Mariman Darto, serta pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 14.00 hingga 16.15 sore hari ini juga membahas terkait Diantaranya, rekruitmen CPNS, netralitas ASN, pelayanan publik, Pilkada serentak, refocusing dan realokasi anggaran Covid-19, rekam dan cetak KTP elektronik, penanganan Covid-19 dan vaksin.

Penulis : Rifani/HumasBawasluKaltim